Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Ms. Word - Daftar pustaka merupakan bagian yang harus ada dalam penulisan karya ilmiah dalam bentuk apapun, seperti skripsi, tesis, jurnal, dan lain-lain. Sebab daftar pustaka menjadi indikasi suatu karya tulis itu dapat dipertanggungjawabkan atau tidak, sekaligus dapat dinilai kualitas karya tersebut. Semakin banyak dan valid referensi dalam daftar pustaka yang digunakan menjadikan tulisan ilmiah tersebut lebih bisa dipercaya keabsahan teorinya. Referensi valid yang dimaksudkan yaitu referensi yang bersumber dari literatur yang dapat dipertanggungjawabkan keilmuannya, misalnya: buku, laporan hasil penelitian, jurnal penelitian, artikel ilmiah, karya ilmiah lainnya.
Melihat pentingnya daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah, sehingga dunia ketatabahasaan sepakat untuk membuat aturan penulisan daftar pustaka secara baku. Ada beberapa versi format penulisan daftar pustaka dalam aturan internasional, seperti: APA style, ISO 690, Turabian, MLA, IEEE dan lainnya. Masing-masing memiliki perbedaan format penulisan yag cukup detail misalnya pada peletakan, titik, koma ataupun format huruf. Bahkan dalam bahasa Indoenesia juga terdapat aturan penulisan daftar yang rinci pula.
Pengaturan penulisan baik menurut aturan internasional maupun bahasa Indonesia, setiap sumber referensi memiliki aturan penulisan yang berbeda, contoh:
(Jurnal Ilmiah)
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, (10), 11-21.
(Buku)
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan (cetakan ketujuh). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
(Prosiding)
Fathiyati, R., & Utami, R. P.
(2016). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash
sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa SMA/MA Kelas XI Semester 2 Materi Pokok
SIstem Reproduksi Manusia. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS
(pp. 211-218). Surakarta: Pendidikan Biologi FKIP UNS.
Maka Jasa Turnitin memberikan tips untuk mempermudah penulisan daftar pusaka dapat dibuat secara otomatis melalui ms. word, yang caranya adalah sebagai berikut
1. Menyisipkan Sitasi
Penyisipan sitasi merupakan hal yang sekaligus dilakukan dalam pembuatan daftar pustaka otomatis. Cara membuat sitasinya yaitu dengan:
klik menu reference pada menu bar ms. word
Baca Juga:
· Bukti Testimoni Dari Layanan Jasa Turnitin
· Harga Revisi Hasil Cek Turnitin
2. Mengatur jenis format penulisan daftar pustaka dan sitasi
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa dalam penulisan daftar pustaka terdapat jenis format yang berbeda-beda. Maka seorang penulis karya ilmiah juga harus memahami jenis format daftar pustaka sesuai dengan aturan yang diterapkan, misalnya APA style yang hampir sama dengan aturan tata tulis daftar pustaka dalam bahasa Indonesia.
Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin
1. Web = https://www.konsultasiyuk.id/
2. Facebook = Jasaturnitin
3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin
4. Instagram = @jasa_cekplagiasi
5. Pinterest = Jasaturnitin
6. Shopee = Jasaturnitin
7. Tokopedia = Jasaturnitin
8. Linked In = Jasa Turnitin
9. Twitter = Jasa Turnitin
10. Tiktok = Jasaturnitin19
0 Komentar
Selamat berkunjung kakak, semoga dari website layanan jasa turnitin ini dapat memberikan manfaat dan memudahkan kakak untuk mempersiapkan syarat kelulusan sarjana. Mohon berikan komentar dan saran yang dapat membangun atau memotivasi semua pihak agar lebih bermanfaat. Terimakasih